Header Ads

Nama-Nama Kapanewon (Kecamatan) di Gunungkidul


Kapanewon merupakan istilah lain untuk Kecamatan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kecamatan merupakan salah satu tingkatan pemerintahan setelah Kabupaten/Kota dan sebelum Desa. Kecamatan terdiri dari beberapa Desa yang memiliki wilayah kerja yang ditetapkan oleh pemerintah. Jadi, Kapanewon merupakan nama Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berikut Daftar Kecamatan / kapanewon di Kabupaten GunungKidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia yang dikutip dari website Kabupaten Gunungkidul (2022).

  1. Kapanewon Gedangsari
  2. Kapanewon Girisubo
  3. Kapanewon Karangmojo
  4. Kapanewon Ngawen
  5. Kapanewon Nglipar
  6. Kapanewon Paliyan
  7. Kapanewon Panggang
  8. Kapanewon Patuk
  9. Kapanewon Playen
  10. Kapanewon Ponjong
  11. Kapanewon Purwosari
  12. Kapanewon Rongkop
  13. Kapanewon Saptosari
  14. Kapanewon Semanu
  15. Kapanewon Semin
  16. Kapanewon Tanjungsari
  17. Kapanewon Tepus
  18. Kapanewon Wonosari

Nama-Nama Kapanewon (Kecamatan) di Gunungkidul saat ini ada 18 dengan tambahan pemecahan kecamatan. Kecamatan di Gunungkidul tersebar di sepanjang pesisir pantai selatan Yogyakarta, dengan beberapa daerah berbukit atau pegunungan. Sebagian besar kecamatan di Gunungkidul memiliki potensi wisata alam yang menarik, seperti pantai, gua, dan air terjun.

Gunungkidul kabupaten yang ada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan Ibukota Wonosari. Luas wilayah Gunungkidul 1.485,36 km2 (sekitar 46,63 %) dari luas wilayah Propinsi DIY. Kota Wonosari terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta, dengan jarak sekitar 40 km. Wilayah Gunungkidul saat ini (2022) dibagi menjadi 18 Kecamatan (Kapanewon) dan 144 desa.

Letak geografi :  110O 21’sampai 110O 50′ BUJUR TIMUR dan 7O 46’sampai 8O 09′ LINTANG SELATAN

Topologi wilayah mengacu pada bentuk permukaan tanah dan kondisi geografis suatu wilayah. Kabupaten Gunungkidul merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kabupaten Gunungkidul terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, dengan garis pantai sepanjang lebih dari 100 km.

Kabupaten Gunungkidul memiliki topologi wilayah yang terdiri dari beberapa daerah berbukit atau pegunungan, serta daerah dataran rendah di sepanjang pesisir pantai. Daerah pegunungan tersebar di sebelah barat dan tengah Kabupaten Gunungkidul, sementara daerah dataran rendah terletak di sepanjang pesisir pantai selatan.

Beberapa daerah di Kabupaten Gunungkidul memiliki potensi wisata alam yang menarik, seperti pantai, gua, dan air terjun. Selain itu, Kabupaten Gunungkidul juga merupakan sentra produksi kerajinan tangan dan makanan khas daerah.

Kabupaten Gunungkidul terdiri dari 18 kecamatan yang tersebar di sepanjang pesisir pantai selatan Yogyakarta. Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul terdiri dari beberapa Desa yang memiliki wilayah kerja yang ditetapkan oleh pemerintah.

No comments

Powered by Blogger.