Header Ads

Tahun 2023 : Dinas Pariwisata Gunungkidul Targetkan PAD Rp 28,9 Miliar



Dikutip dari Kedaulatan Rakyat (10/1/2023), Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menaikkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pariwisata pada tahun 2023 dari target tahun 2022 lalu sebesar Rp 27 miliar menjadi sebesar Rp. 28,9 Miliar. Kenaikan target dari tahun sebelumnya ini dengan mempertimbangkan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah Pusat karena itu Dinas Pariwisata Gunungkidul optimis target tahun ini dapat tercapai.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, M. Arif Aldian, mengatakan dengan tidak diberlakukannya PPKM maka pihaknya berharap ada peningkatan kun jungan wisatawan ke Gunungkidul. “Tahun ini arget PAD sektor pariwisata naik ham- pir Rp. 2 Miliar dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya, Senin (9/1/23).

Diakuinya meskipun target PAD sektor pariwisata tahun 2022 tidak tercapai dan hanya mencapai 77 persen, pihaknya optimis kunjungan wisatawan akan meningkatkan pada tahun ini. Terkait dengan upaya menarik wisatawan berkunjung ke Gunungkidul pihaknya akan lebih fokus dalam penguatan promosi wisata Gunungkidul dan penyelenggaraan event di sektor pariwisata untuk mendongkrak angka kunjungan. Untuk event yang ter- dekat ada acara Familiarization Trip (Famtrip) yang merupakan acara untuk pengenalan destinasi, Nantinya akan di- hadiri peserta yang potensial dalan event Asean Tourism Festival (ATF) dengan meli- hat potensi pasar. “Kami optimis target tahun ini akan tercapai,” ujarnya.

Sementara salah satu Pengurus Obwis Pantai Watulumbung, Jarno, juga menyampaikan optimismenya terhadap sektor pariwisata Gunungkidul pada tahun ini. Pada momen libur Nataru kemarin, ia menyampaikan jika kawasan wisata Watulumbung juga sepi pengunjung, bahkan saat malam tahun baru. Tetapi seiring dengan di- cabutnya PPKM tahun ini diharapkan ramai pengunjung. Terlebih jika di- dukung dengan faktor cuaca yang baik.

No comments

Powered by Blogger.