Header Ads

KKN UNY adakan Festival Anak Sholeh di Bibis, Saptosari



Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mubalig Hijrah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang sedang bertugas di Bibis, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, mengadakan Festival Anak Sholeh (FAS) dalam rangka bulan suci Ramadan.

Festival ini diadakan secara langsung di Pedukuhan Bibis, Kelurahan Krambilsawit, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul, dan diikuti oleh 60 santriwan-santriwati dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al Mukhlisin dan Asy Syuro. Acara ini juga melibatkan para pejabat pemerintah setempat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama sebagai juri dalam setiap perlombaan. Festival ini digelar di Balai Pedukuhan pada Minggu, 2 April 2023, mulai dari pukul 08.00 hingga 11.30 WIB, dengan dihadiri langsung oleh ustaz atau ustazah dari masing-masing unit TPA.

Vrisas Meri Setiawan, ketua panitia, mengungkapkan, “Festival ini merupakan gabungan dari TPA Al Mukhlisin dan Asy Syuro yang akan mencari santri terbaik dari masing-masing cabang lomba. Terdapat 5 cabang lomba yaitu lomba azan, mewarnai, hafalan surah pendek, hafalan doa sehari-hari, dan tartil. Lomba mewarnai hanya diikuti oleh peserta yang duduk di bangku PAUD maupun TK. Sementara untuk lomba tartil dikhususkan untuk santri yang duduk di bangku SMP dan SMA. Lalu, 3 lomba lainnya diikuti oleh peserta tingkat SD. Para santri sangat antusias mengikuti perlombaan ini walaupun dalam suasana puasa Ramadan.”

Festival ini mengangkat tema “Wujudkan Generasi Qur’ani di Bulan Suci” dengan tujuan sebagai sarana untuk mencari bakat para santri. Para pemenang lomba juara I dan II akan mengikuti FAS tingkat desa. Kegiatan ini mendapat dukungan yang baik dari masyarakat serta berlangsung dengan lancar dan sukses. Diharapkan melalui FAS ini, para santri dapat melatih keberanian dan meningkatkan potensi yang ada dalam diri masing-masing, khususnya di bidang keagamaan.

No comments

Powered by Blogger.