Header Ads

Gerakan Menanam Kelengkeng di Kelompok Tani Sedyo Makmur Patuk

(Patuk – GKD) Pada hari Kamis, 21 April 2022, pukul 09.00 WIB dilaksanakan Gerakan Menanam Kelengkeng Katek di Kelompok Tani Sedyo Makmur, Padukuhan Karya, Desa Beji, Patuk, Gunungkidul. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Rismiyadi, SP, MSi), Panewu Patuk Martono Iman Santoso, SIP, Kapolsek Patuk, Koordinator BPP Patuk, Kepala Gapoktan, Ketua Kelompok Tani seluruh Desa Beji, dan Anggota Poktan Sedyo Makmur Karyan.

Kelompok Tani Sedyo Makmur Beji, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Rismiyadi, S.P, M.Si beserta jajarannya, Panewu Kapanewon Patuk M.Imam Santoso, S.IP, Lurah Beji Arif Wahyu S, dan Kapolsek Patuk melakukan gerakan menanam bibit kelengkeng. Bibit lengkeng varietas kateki merupakan bantuan dari pemerintah sebanyak 800 batang untuk kelompok tani Sedyo sejahtera. Hal ini untuk mendukung keberadaan desa wisata beji dan mensuplai buah ke pasar buah yang ada.

Diharapkan para petani dapat mensukseskan program pendampingan ini dengan melakukan pemeliharaan tanaman yang baik untuk menghasilkan buah lengkeng yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Dalam kegiatan ini dilakukan penanaman dan penyerahan benih kelengkeng secara simbolis kepada kelompok tani Sedyo Makmur sebanyak 800 batang, pupuk organik 12 ton, dolomit 800 kg, tridorma 132 kg, NPK 160 kg.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Gunungkidul berpesan kepada Kelompok Tani Sedyo Rukun agar tidak semua kelompok tani menerima program bantuan. Oleh karena itu, Kelompok Tani harus bersyukur yaitu dengan merawat tanaman dengan sebaik-baiknya. Ia juga berpesan kepada Kelompok Tani agar disiplin: Disiplin Pemeliharaan Tanaman, Disiplin Tata Usaha dan Disiplin Keuangan.

Gerakan Menanam Kelengkeng di Kelompok Tani Sedyo Makmur Patuk
Gerakan Menanam Kelengkeng di Kelompok Tani Sedyo Makmur Patuk

Sehingga bantuan bibit kelengkeng ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan anggota Kelompok Tani pada khususnya, dan masyarakat Kalurahan Beji pada umumnya.

Tips Menanam Kelengkeng

Buah kelengkeng (lengkeng) merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Meski memiliki ukuran yang kecil, buah kelengkeng ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang bisa Anda temukan di Asia Tenggara ini memiliki rasa yang manis.

Kelompok Tani Sedyo Makmur Beji, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul S.P, M.Si beserta jajarannya
Kelompok Tani Sedyo Makmur Beji, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul S.P, M.Si beserta jajarannya

Salah satu dari banyak jenis kelengkeng adalah kateki. Kelengkeng Kateki merupakan kelengkeng yang daging buahnya tebal dan rasa buah manis (Balijestro). Namun, masalah terbesar dalam pemeliharaan adalah jenis kelengkeng ini perlu dilakukan pembosteran agar tanaman dapat berbunga dan berbuah.

Tips Menanam Kelengkeng Agar Cepat Berbuah :

  1. Kelengkeng akan berbuah jika ditanam di lahan yang terkena sinar matahari penuh.
  2. Pengairan dan pemupukan sesuai kebutuhan.
  3. Proses penyiraman dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari terutama pada saat musim kemarau.
  4. Pemberian pupuk dasar pada awal masa tanam.

Sumber Informasi utama :

No comments

Powered by Blogger.