Header Ads

Jelang Mudik, Wapres Ma'ruf Amin Kunjungi Playen untuk Meresmikan TFGF

(Gunungkidul-GKD) – Puluhan juta orang diprediksi mudik Lebaran 2022. Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin punya pesan khusus bagi pemudik dan pemerintah daerah. Apa itu? “Pemudik diperkirakan sekitar 70-80 juta orang akan mudik. Karena sudah 2 tahun mudik dan tidak bisa dipahami,” kata Ma’ruf di sela-sela kunjungan kerja, kepada wartawan di Kapanewon Playen. , Kabupaten Gunungkidul, DIY, Jumat (22/20). 4/2022).

Wapres Meresmikan TFGF

Pembangunan fasilitas pengelolaan makanan tradisional terpadu dengan standar cGMP atau Traditional Food GMP Facility (TFGF) di Playen, Gunungkidul telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Ma’ruf Amin hari ini, Jumat ( 22/04). Peresmian TFGF ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ma’ruf Amin didampingi oleh Gubernur DIY (Sri Sultan HB X) dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko didampingi Bpk. H. Sunaryanta Bupati Kabupaten Gunungkidul Periode 2021 – 2024.



Traditional Food GMP Facility (TFGF) di Playen, Gunungkidul telah resmi Foto: setneg.go.id

Pesan Wapres

Karena itu, Ma’ruf berpesan kepada remaja putri agar selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, ikuti dosis vaksinasi ketiga atau booster. “Oleh karena itu pesannya pemudik jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan, vaksinasi dan booster agar aman karena kemana akan pulang ada orang tua, anak, orang sakit. Jangan bawa virus ke kampungnya, dan sebaliknya,” ujarnya.

Tidak hanya bagi pemudik, Ma’ruf juga berpesan kepada pemerintah daerah untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan. Pasalnya, pemerintah pusat tidak mau mudik tahun ini karena memicu peningkatan kasus COVID-19. “Oleh karena itu, protokol kesehatan, vaksinasi dan saya minta pemerintah daerah juga bersiap agar kasus tidak bertambah nantinya,” ujarnya.


Traditional Food GMP Facility (TFGF) di Playen, Gunungkidul telah resmi

“Karena di beberapa negara seperti Inggris, Shanghai (China), kita tidak ingin Idul Fitri dan mudik kali ini menjadi penyebab kenaikan, itu yang harus kita jaga, itu saja,” lanjut Ma’ruf. Selain itu, Ma’ruf juga meminta agar pelaksanaan salat Idul Fitri benar-benar melaksanakan prokes.

Sholat id bisa dilakukan dimana saja asalkan tidak lupa menerapkan tata caranya, ujarnya. “(Untuk salat Idul Fitri) Mungkin di Jakarta,” imbuh Ma’ruf saat ditanya wartawan di mana salat Idul Fitri akan dilaksanakan. Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksikan 85 juta orang mudik Lebaran 2022. Budi mengatakan angka tersebut didapat berdasarkan hasil penelitian selama 2 bulan.

“Kami melakukan penelitian sekitar 2 bulan yang lalu. Jadi kami melakukan 3 penelitian, tidak ada izin pulang, lalu tanpa antigen, dan akhirnya kami bisa pulang, dan jumlahnya terus naik. Dari 60 juta, 79 juta, dan sekarang 85 juta. Itu final (angkanya) karena diperbolehkan pulang,” kata Budi dalam acara yang blak-blakan di detikcom, Selasa (19/4).

Budi mengatakan jumlah ini meningkat lebih dari 40 persen dibandingkan dengan mudik 2019. Pada mudik tahun 2019 lalu, jumlah pemudik mencapai 50 juta orang. “2019 angkanya 50 juta, meningkat lebih dari 40 persen, ini angka yang kita pegang,” kata Budi.

No comments

Powered by Blogger.