Header Ads

Peringati Hari Buku Sedunia, MTsN 5 Gunungkidul Luncurkan Buku Antologi Siswa

(Ngawen – GKD) – Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia, MTs Negeri 5 Gunungkidul (GK Matsalim) meluncurkan buku antologi siswa, Sabtu (23/4/2022). Buku dengan judul Nada Rasa Pelangi ini merupakan karya kolaborasi para penulis di seluruh Indonesia yang memuat 41 puisi dari Umi Prahastuti, S.Pd., M.SI. sebagai guru perintis dan siswa kelas VII, VII, IX GK Matsalim.

Antologi berasal dari bahasa Yunani yang diserap sebagai bahasa Indonesia yang berarti karangan bunga atau kumpulan bunga. Nah, inilah yang dijadikan pemahaman bahwa antologi adalah sebuah “koleksi”.

Peringati Hari Buku Sedunia, MTsN 5 Gunungkidul Luncurkan Buku Antologi Siswa

Buku antologi berjudul ‘Nada Rasa Pelangi’ menjadi saksi perjuangan seorang guru Biologi dalam mengajak siswa untuk menulis dan mencintai sastra. Kegembiraannya meluap ketika para siswa yang mengikuti kompetisi dengan bangga memamerkan buku-buku mereka. Sungguh, baginya, ini adalah obat mujarab atas semua upaya mereka. Saat “Nada Sensasi Pelangi” menyapa langit Pulau Panggung, semoga literasi semakin bersinar menyinari alam semesta.

Hasil karya ini kemudian diserahkan ke perpustakaan Lentera Ilmu dan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan GK Matsalim, Suprapti, S.Pd. “Terima kasih mahasiswa Matsalim yang telah mempresentasikan karya ini. Semoga hal ini dibarengi dengan peningkatan kegiatan literasi yang ada,” ujar Suprapti. Buku bertema guru ini dibuat oleh siswa sebagai wujud rasa terima kasih kepada guru-guru MTs Negeri 5 Gunungkidul.

Sumber : https://gunungkidul.kemenag.go.id/berita/detail/peringati-hari-buku-sedunia-mtsn-5-gunungkidul-luncurkan-buku-antologi-siswa dan Kompas

No comments

Powered by Blogger.