Header Ads

Reuni Akbar SD Pragak, Semanu dihadiri Bupati GK

HADIRI REUNI AKBAR SD PRAGAK, BUPATI BERHARAP ALUMNI MAMPU BERKONTRIBUSI DALAM PEMBANGUNAN DAN PENDIDIKAN

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menghadiri reuni akbar SD Negeri Pragak, Kapanewon Semanu angkatan 1976 sampai dengan 2018 yang digelar dikomplek SD tersebut. Sejumlah kegiatan sosial diadakan dalam acara ini.

Ketua reuni akbar, Sukardi mengatakan, “Reuni lintas angkatan ini sebagai wadah silaturahmi dan berkumpul untuk memberikan sumbangsih pada SD tercinta. Sejumlah bantuan diberikan diantaranya pembangunan mushola dan taman”.



“Dana yang digunakan untuk kegiatan ini merupakan dana saweran antar alumni yang terkumpul hingga Rp 60 juta,” kata Sukadi, Minggu (23/4/2023).

Pihaknya juga mengatakan, dana yang terkumpul juga digunakan untuk pemberian tali asih terhadap pensiunan guru di sekolah tersebut. Sejumlah tokoh yang berkontribusi dalam pendidikan di padukuhan, anak yatim hingga lansia yang dirasa kurang mampu.

“Banyak yang tidak terekspos, jika dulu sebelum memiliki gedung permanen (SD Negeri Pragak), pendidikan di padukuhan Pragak, Bendorejo dan sekitarnya ini sempat menempati beberapa rumah warga,” paparnya.

Selain itu, juga diadakan bazar UMKM milik warga sekitar, pemeriksaan gratis, hingga baksos sembako. Adapun acara ini dihadiri oleh ratusan alumni SD Negeri Pragak dari lintas angkatan.

“Pelaku UMKM yang ada di sini kita libatkan, harapannya saat berkumpul banyak orang ekonomi juga berjalan. Momentum lebaran kami pilih agar para pemudik turut hadir. Perputaran uang baik perantau maupun warga sini juga terjadi di acara ini,” tambah dia.

Sukadi mengatakan, “Kegiatan iki diharapkan sebagai momentum napak tilas atau mengenang bagaimana dulu kami mengenyam pendidikan. Juga untuk menjaga silaturahmi antar alumni”.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan Bapak Bupati berkenan hadir ditengah padatnya kegiatan setelah lebaran ini,” imbuh Sukardi.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para alumni SD Negeri Pragak ini. Tak hanya pemerintah yang berperan dalam pembangunan, namun alumni juga bisa berkontribusi agar sekolah yang telah meluluskan siswa siswi dapat lebih maju kembali.

“Tentu saya sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan ini. Nampaknya ini agak banyak yang perantauan, besar harapan saya perantau bisa berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan ekonomi Gunungkidul, atau minimal daerah kelahiran masing-masing,” papar dia.

“Potensi Gunungkidul luar biasa harus digarap dengan baik agar ekonomi semakin baik. Saya juga berpesan kepada anak-anak yang masih mengenyam pendidikan milikilah cita-cita yang setinggi mungkin agar nantinya bisa turut membangun tanah kelahiran,” kata Bupati.

sumber https://gunungkidulkab.go.id/D-88a0baef8aff3b0bd65e40c34ee7e294-NW-f6630d49158825ac234a7ab21f44dcba-0.html

No comments

Powered by Blogger.