Header Ads

Google Gambarkan perubahan Iklim 1986-2020

Dalam rangka memperingati Hari Bumi 22 April 2022, Google menampilkan doodle yang membahas salah satu topik terkini yaitu perubahan iklim atau climate change. Menggunakan citra selang waktu nyata dari Google Earth Timelapse dan sumber lain, Google doodle menunjukkan efek perubahan iklim atau perubahan iklim di empat penjuru Bumi. Sepanjang hari selama 22 April 2022, pengguna browser Google Chrome dapat melihat dampak perubahan iklim di keempat tempat tersebut. Gambar di setiap tempat akan berubah setelah beberapa jam.

Keempat tempat tersebut adalah Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika. Di puncak gunung, area yang tertutup gletser tampaknya menyusut. Sampel gambar diambil dari periode 1986 hingga 2020. Gambar kedua menunjukkan daerah yang tertutup gletser yang menyusut di Sermersooq, Greenland dari tahun 2000 hingga 2020. Jika Gletser ‘Apocalypse’ Antartika Akan Mencair, Permukaan Laut Dunia Akan Naik.

Di tempat ketiga, yaitu di Great Barrier Reef Australia, perubahan warna karang terlihat di Lizard Island Australia dari Maret hingga Mei 2016.

Google Gambarkan perubahan Iklim 1986-2020

Climate Change

Sementara itu, di empat tempat, yakni di Harz Forests, Elend, Jerman, terlihat jelas bahwa hutan yang terbebas dari serangan kumbang kulit kayu itu akibat peningkatan suhu dan kekeringan parah dari tahun 1995 hingga 2020.

Dalam situsnya, PBB menjelaskan bahwa perubahan iklim atau climate change mengacu pada perubahan suhu dan pola cuaca dalam jangka panjang. Pergeseran itu wajar, sejak tahun 1800-an, aktivitas manusia telah menjadi pendorong utama perubahan iklim, tetapi terutama karena pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak dan gas. Pembakaran menghasilkan gas yang memerangkap panas di atmosfer bumi.

Kampanye Perubahan Iklim

Jumat 22 April 2022, Hari Bumi Sedunia. Sejumlah pihak melakukan kampanye terkait dampak perubahan iklim yang sedang terjadi. Termasuk perusahaan teknologi terbesar di dunia. Yaitu Google. Di halaman depan Google Chrome, menampilkan efek perubahan iklim pada peringatan Hari Bumi 2022.

Selain Google, pada peringatan Hari Bumi 2022, pengamat mendorong pengurangan emisi untuk menghindari perubahan iklim global. Dalam memperingati Hari Bumi 2022, sinkronisasi para pemangku kepentingan termasuk Google dan sejumlah pemerhati mengkampanyekan agar kelestarian dunia terhindar dari perubahan iklim.

No comments

Powered by Blogger.