Header Ads

Ini Harapan Sri Sultan HB X dengan Sarana Riset Pangan di DIY

Dikutip dari jogja.jpnn.com Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki Pusat Penelitian Teknologi dan Proses Pangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang berlokasi di Jalan Yogya-Wonosari KM 31.5, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Harapan Sri Sultan HB X dengan Sarana Riset Pangan di DIY, Laboratorium tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Ma’aruf Amin pada Jumat (22/4). Laboratorium rujukan ketiga di Indonesia diproyeksikan sebagai pusat penelitian halal Indonesia.

Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengamati data statistik secara global bahwa populasi Muslim akan mencapai 30 persen dari total populasi dunia pada 2030. Menurutnya, hal ini akan berdampak pada tingkat konsumsi. “Diperkirakan nilai pasar industri makanan halal global akan mencapai 2,04 triliun dolar pada 2027,” katanya. Di tingkat nasional, kata dia, peningkatan konsumsi juga akan terus tumbuh.

Di bawah naungan BRIN, Wapres berharap agar kolaborasi riset dengan berbagai Mitra akan semakin terarah dan membuahkan hasil.
Wapres, Sultan, Kepala BRIN, Bupati GK sumber : Twiter Humas Pemda DIY

“Jika pada 2017 konsumsi makanan halal di Indonesia mencapai sekitar 170,2 miliar dolar AS, pada 2025 diproyeksikan meningkat menjadi 247,8 miliar dolar AS,” tambahnya. Dengan potensi tersebut, Ngarsa Dalem berharap fasilitas Riset Pangan BRIN dapat mendukung pengembangan produk halal dan sehat Indonesia.

“Kehadiran fasilitas penelitian pangan dengan laboratorium open platform ini tentunya akan memiliki kontribusi dalam mendukung cita-cita Indonesia sebagai pusat halal dunia pada tahun 2024,” pungkasnya.

Via : MSN/ mcr25/jpnn/humas Pemda DIY

No comments

Powered by Blogger.